Selasa, 19 Agustus 2014

contoh Wawancara Guru (skripsi)



PEDOMAN WAWANCARA GURU
SMK NEGERI PAKU KECAMATAN BINUANG
KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Nama               :
NIP                 :
Jabatan            :
Alamat :

1.      
  Bagaimana anda memberikan pemahaman kepada peserta didik terhadap makna dan tujuan dari pendidikan karakter?
1. Ubah Lingkungannya, melakukan pendidikan karakter dengan cara menata peraturan serta konsekuensi di sekolah dan dirumah.
2. Berikan Pengetahuan, memberikan pengetahuan bagaimana melakukan perilaku yang diharapakan untuk muncul dalam kesehariannya serta diaplikasikan.
3. Kondisikan Emosinya, emosi manusia adalah kendali 88% dalam kehidupan manusia. Jika mampu menyentuh emosinya dan memberikan informasi yang tepat maka informasi tersebut akan menetap dalam hidupnya.

2.        Dalam menghadapi peserta didik, bagaimanakah  anda memberikan penilaian terhadap sikap dan kepribadian peserta didik?
Sikap, prilaku dan tanggung jawab
3.        Jika anda mendapatkan peserta didik yang melakukan perbuatan yang tidak jujur (bohong), sanksi apa yang anda akan memberikan ?
Memberikan nasehat tentang dampak yang akan ditimbulkan tentang berbohong dan memberikan mamfaat dari jujur tersebut, dan apa bila itu belum juga dilakukan maka akan sanksinya akan semakinberat

4.        Salah satu perbuatan yang mencerminkan ketidak jujuran ialah mencontek ketika ujian. Apakah anda memanggil peserta didik jika ketahuan melakukan perbuatan dan tindakan apa yang ada lakukan?
Ia memberikan nasehat dan memberikan sanksi seperti tugas tambahan ato PR untuk dikerjakan dirumah
5.        Apakah peserta didik merasa jera terhadap sanksi yang anda berikan?
Ada yg tidak lagi mengulang perbuatan tersebut ada juga yang masih tetap melanggar aturan tersebut
6.        Selain memberikan sanksi. nasehat dan dorongan  apa yang anda berikan bagi peserta didik?
- Memberikan karakter seputar cinta Tuhan dan segenap ciptaan-Nya
- Kemandirian dan Tanggung Jawab
- Kejujuran atau Amanah, Diplomatis
- Hormat dan Santun
- Dermawan, Suka Tolong Menolong & Gotong Royong
- Percaya Diri dan Pekerja Cerdas
- Kepemimpinan dan Keadilan
- Baik dan Rendah Hati
- Karakter Toleransi, Kedamaian dan Kesatuan.

7.        Bagaimana perubahan sikap peserta didik terhadap nasehat dan dorongan yang anda berikan?
Masih sangat jauh dari pada harapan seoarang guru

8.        Dalam menyajikan materi ajar, bagaimana anda memulai atau menyisipkan penanaman karakter bagi peserta didik?
Selalu melihat dari aspek sosial budaya yg berlaku dalam lingkungan tersebut seperti berbuat baik, jujur, rendah hati dll
9.        Sebagai guru anda merupakan model. Apakah teladan yang anda contohkan kepada peserta didik yang harus diterapkannya?
Selalu mengikuti aturan yg ada yg berlaku dlm sekolah tersebut
10.    Kendala apa yang anda hadapi dalam menanamkan karakter peserta didik?
Bahan ajar tdk ada gg ada jadi sulit menjalankan dengan kondusif
Minimnya worsop kurangnya pelatihan yg diselenggarakan oleh pemerintah
Kedisiplinan versus hukuman hukuman yg diperbolehkan tidak bisa dalam kontek fisik
Lemahnya kepemimpinan, kepala sekolah masih diskriminatif dlm memberikan kesempatan untuk melakukan pendidikan worshop yang dilakukan oleh pemerintah.



0 komentar:

Posting Komentar